[SERBA SERBI] 좋은 사람 있으면 소개시켜줘 (Introduce Me to A Good Person)

Saat lagu ini dipasang sebagai backsound dari blog beberapa waktu yang lalu, beberapa pengunjung menanyakannya tentang lagu ini. Ada beberapa fakta dari lagu ini  yang ingin saya ulas. Pertama,  lagu ini berjudul 좋은 사람 있으면 소개시켜줘 atau Introduce Me to A Good Person. Dan jika coba di searching via youtube maka yang keluar adalah video dari Yoona SNSD. Ya, Yoona memang pernah membawakan lagu ini pada beberapa kesempatan seperti saat koser SNSD. Namun sebenarnya Yoona bukanlah penyanyi asli dari lagu ini.  Awalnya lagu ini dipopulerkan oleh sebuah grup bernama Basis (베이시스) pada tahun 1996. Grup Basis ini beranggotakan Jung Jae Hyung dengan beberapa orang teman kuliahnya. Grup basis sempat mengeluarkan tiga album sebelum akhirnya pecah pada tahun 1999. Lagu 좋은 사람 있으면 소개시켜줘 (Introduce Me to A Good Person) ini masuk dalam album basis yang kedua.

Masuk awal tahun 2000, lagu ini diremake oleh Go Ho Kyung. Lagu ini diaransemen dengan gaya anak muda yang populer pada saat itu. Dan juga ditambahkan rap pada beberapa bagian lagu. Versi yang dinyayikan oleh Yoona SNSD sepertinya mengadaptasi dari yang dinyanyikan oleh Go Ho Kyung sebab setiap menyanyikan lagu ini Yoona biasanya didampingi penyanyi lain untuk mengisi bagian rap seperti Leeteuk,  Shindong, Alex , Oh Sang-Jin, Eunhyuk, Donghae.

Sekitar tahun 2010 lagu ini kembali diremake oleh sebuah band indie Korea bernama Rumble Fish (럼블피쉬). Grup band ini beranggotakan Choi Jin Yi (최진이, lead vocal, guitar), Kim Sung Gun (김성근, guitar), Kim Ho Il (김호일, bass) dan Park Chun Hwee (박천휘, drums). Lagu ini direlease dalam format digital single. Dan tampaknya Rumble Fish lebih mengadaptasi versi aslinya yang diramu dengan petikan gitar yang cantik. Nah, versi Rumble Fish inilah yang saya pakai sebagai back sound. Mengenai grup band Rumble Fish sendiri akhirnya mulai berpisah pada tahun 2010 setelah 6 tahun dari debut mereka pertama kalinya. Sedangkan lead vokalnya, Choi Jin Yi  melanjutkan karir bermusiknya sebagai penyanyi solo dengan tetap membawa nama Rumble Fish. Satu hal lagi, lagu 좋은 사람 있으면 소개시켜줘 juga pernah dinyanyikan dalam drama Still Marry Me di episode 6 pada saat Da Jung berkaraoke.

Berikut ini saya sertakan link video dari berbagai versi dari lagu ini

versi Basis [http://www.youtube.com/watch?v=W6hR4_vS1xs&feature=related]

versi Go Ho Kyung [http://www.youtube.com/watch?v=LmwYXwxdp1M&feature=related]

versi Yoona SNSD [http://www.youtube.com/watch?v=mQRlnj-sCc4]

versi Rumble Fish [http://www.youtube.com/watch?v=sWbxlGh5jEQ&feature=related]

 

 

Advertisements

5 comments on “[SERBA SERBI] 좋은 사람 있으면 소개시켜줘 (Introduce Me to A Good Person)

  1. Pertama kali denger ini saat Yoona yang
    ngenyanyiin, ngedenger Versi asli dan
    diremake jugak, ehh karena uda terlanjur
    ngedenger Yoona kan yang nyanyiin,
    yahh so far suka sama versinya Yoona…

  2. Link yg ver. Yoona kok perasaan itu bukan suara yoona ya ?
    Semua ver. Keren bgt. Suka semua 🙂
    Makasih bgt infonya 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s