[SERBA-SERBI] Fakta dibalik 귀요미 송/ Cutie Song

Di awal tahun ini dunia musik Korea sempat digemparkan oleh 귀요미 송 atau cute song. Blog ini juga pernah sedikit membahas dan melampirkan lirik dari lagu ini (lihat di sini) yang banyak dicover oleh banyak artis Korea.Ternyata lagu ini banyak menimbulkan pertanyaan terutama asal muasal penciptaan lagu serta gerakan imut yang disebut kwiyomi player tersebut.

귀요미 kwiyomi diambil dari kata sifat 귀엽다 kwiyopta yang berarti ‘cute’, ‘imut’, ‘manis’, atau ‘lucu’. Kata 미’mi’ yang ada dibelakangnya memiliki efek personifikasi, seolah menjelmakan seperti manusia sehingga kata tersebut berubah menjadi kata benda. Dan jadilah 귀요미 ‘kwiyomi’ berarti ‘orang yang imut/ lucu. Untuk lagunya sendiri berisi tentang curahan perasaan seorang gadis agar selalu ada disamping kekasihnya selamanya.

Sebelum lagu ini direlease dalam bentuk digital single ternyata ada Jung Ilhoon personel boyband BtoB, adik kandung penyanyi solo JOO yang terlebih dahulu mempopulerkannya di salah acara MTV Diary bulan Oktober 2012 (lihat video di sini). Ia melakukan gerakan tersebut ketika dia dan teman-temannya sedang menandatangani album mereka. Ada bagianyang berisi penjumlahan, 1+1 = imut, 2+2 = imut, hingga 6+6. Namun pada saat itu Ilhoon menghitung hingga 7+7. Dan Ilhoon berhasil membuat tiap bagian penjumlahan dengan gerakan tangan berbeda yang tentu saja imut. Sejak saat itu Ilhoon banyak diminta untuk melakukan gerakan tersebut di berbagai variety show. Gerakan yang dibuat Ilhoon ini membuat Kwiyomi menjadi tren bahkan ia dikenal sebagai 귀요미 prince alias Pangeran imut dengan 귀요미 playernya.

how to do Gwiyomi  Kiyomi video

Cara melakukan gerakan Kwiyomi versi Ilhoon, imut khan…

Tidak ada yang tahu pasti siapa yang menciptakan gerakan tersebut untuk pertama kalinya. Namun Jung Ilhoon pernah menjelaskan dalam interview di sebuah televisi di Malaysia bahwa dia mendapatkan ide gerakan kwiyomi tersebut dari seorang teman trainee nya sebelum debut dengan BtoB. Temannya itu mengatakan bahwa ia harus menyiapkan sesuatu untuk para fansnya. Kemudian temannya mengajarkan beberapa gerakan imut, dan Ilhoon menambahkan penjumlahan dengan gayanya sendiri.

Setelah heboh dengan ‘귀요미 player’, enam bulan kemudian seorang penyanyi indie bernama 하리 Hari terinspirasi membuat versi lengkap dari lagu tersebut dan mereleasenya pada bulan Ferbruari yang lalu. Sedangkan Ilhon sendiri membuat video cover yang direlease oleh labelnya, Cube Entertainment (lihat di sini).

tumblr_mk0ng9KX8X1r9z2zoo2_500kwiyomi2_zpsd4a22945

Referensi

http://pspage2nd.blogspot.com/2013/04/do-you-really-know.html

Advertisements

One comment on “[SERBA-SERBI] Fakta dibalik 귀요미 송/ Cutie Song

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s