[SERBA-SERBI] Korean Blind Date – Kencan Buta ala Korea

 

 

4937b63380840

Pada beberapa drama Korea kita sering melihat cerita dimana sang tokohnya menjalani kencan buta yang diatur oleh orang tua, teman, ataupun melalui sebuah agen. Sebut saja drama ‘1st Coffee Shop Prince”, “Lie to Me”, dan drama terbaru “Dating Agency: Cyrano”. Budaya kencan buta di Korea berbeda dengan yang ada di negara-negara barat. Kebanyakan orang korea yang berkencan biasanya pergi ke banyak kencan buta. Sepanjang waktu mereka mencoba mencocokkan orang-orang yang mereka kenal dengan teman-teman mereka.

Di Korea sendiri Kencan buta sepertinya lebih mirip seperti sebuah institusi, sebuah prosedur standar. Orang-orang tak hanya berkenalan dan mencari tahu teman/ orang lain yang mungkin dikenal oleh lawan bicaranya. Kandidat kencan sepertinya harus dikenal oleh orang dekat. Orang yang dipercaya bisa mengenalkan dengan seseorang yang punya karakter bagus. Orang Korea tampaknya sangat waspada untuk membiarkan orang asing menjadi bagian dari kehidupannya. Orang yang asing bisa menjadi orang yang berbahaya bagi mereka, ini sepertinya sudah menjadi bayangan ketakutan yang umum pada masyarakat di sana. Orang Korea tak banyak bicara pada orang yang tak mereka kenal.

Beberapa istilah dalam kencan buta ala Korea

소개팅 (sogaet’ing) – Single’s Blind Date – Kencan buta tunggal
Kencan ini biasanya diatur oleh teman dekat atau rekan kerja. 소개 (sogae) berarti “perkenalan” dan 팅 (t’ing) adalah singkatan dari kata “meeting/ pertemuan”. Pertemua ini hanya melibatkan dua orang berbeda jenis kelamin. Coffee shops biasanya menjadi lokasi yang disukai untuk melakukan kencan buta tunggal yang sudah diatur sebelumnya

1_1_~2

미팅 (mit’ing) – Group Blind Date – kencan buta berkelompok
Ada dua makna dari미팅 (mi-ting), pertama adalah pertemuan kerja. Dan yang kedua adalah istilah yang merujuk pada sebuah grup kencan buta. Kencan ini bisa dilakukan di mana saja, dua pria-dua wanita atau lima pria- lima wanita. Coffee shops yang tidak terlalu ramai biasanya dipilih menjadi lokasi terbaik. Penyelenggara kencan kelompok ini menggunakan games/ permainan untuk membuat kencan terasa lebih santai.

img_1556328_53545329_0

번개팅 (beonggaet’ing) – Speed Dating – Kencan kilat
번개 (beon-gae) berarti pencahayaan (merujuk pada kecepatannya). Istilah ini muncul setelah adanya kencan di internet yang mulai populer di akhir tahun 90-an. Orang-orang yang chatting secara online bisa memutuskan bertemu di dunia nyata. Berbeda dengan 소개팅 (sogaet’ing) atau 미팅 (mit’ing), pria dan wanita bisa bertemu tanpa banyak persiapan/ tanpa di atur oleh sebuah agen/ penyelenggara

맞선 (matseon) – Matchmaking Blind Date – Kencan buta Perjodohan
맞선 (mat-seon) atau 선 (seon) adalah istilah ‘resmi’ dari kencan yang diatur oleh sebuah agen atau sesuatu yang berkaitan dengan organisasi penyelenggara perjodohan. Bisa dikatakan ini adalah bisnis perjodohan, sehingga lokasi untuk tipe kencan diatur sedemikian rupa di sebuah hotel dan pembicaraan berkisar tentang pribadi satu sama lain, pedidikan, finansial, dan latar belakang keluarga

Setelah kencan awal, pasangan bisa melanjutkan kencan untuk beberapa bulan hingga setahun sebelum pernikahan. Perbedaan antara pernikahan yang diatur dan pernikahan karena cinta seringkali menjadi kabur, meskipun dalam pernikahan yang di atur biasanya keluarga ikut terlibat dalam prosesnya.

Khusus untuk wanita, biasanya harus menunggu selama tiga bulan sebelum bisa lebih dekat dengan teman kencan Koreanya. Ini dikarenakan budaya Korea yang membagi karakter wanita menjadi ‘wanita sejati’ (‘양지’ yangji) atau ‘wanita yang berpura-pura’ (‘음지’ eumji). Sebagai penyesuaian, wanita-wanita Korea membuat pria-pria menunggu tiga bulan sebelum lebih akrab lagi untuk memberikan keyakinan pada sang pria bahwa reputasinya sangat bagus. Selain itu wanita Korea lebih nyaman berkencan dengan seseorang yang sudah akrab dengannya.

Pernyataan tentang hubungan sepasang kekasih biasanya dinyatakan oleh sang pria. Pria Korea diharapkan untuk mengatakan 사귀자 (sagwija- kencan) dan mengumumkan bahwa mereka adalah pasangan. Jika kamu mengencani wanita Korea, dia akan sangat mengharapkanmu menyatakan menjadi kekasihnya. Jika tidak, maka ia akan menjauh dan menghilang.

REFERENSI

http://mkljournal.blogspot.com/2011/11/korean-blind-dates.html
http://www.korea-dating-tips.com/culture-in-korea.html
http://theunlikelyexpat.blogspot.com/2011/01/korean-blind-dating.html
http://learnkoreanwithlily.blogspot.com/2012/12/blind-date.html

Advertisements

2 comments on “[SERBA-SERBI] Korean Blind Date – Kencan Buta ala Korea

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s